Pekerjaan, Uang, dan Keajaiban

Bagi mereka yang suka membaca buku-buku bestseller mungkin sudah tidak asing dengan nama Marianne Williamson, penulis buku bestseller seperti Return to Love dan Healing Soul of America. Dalam bukunya yang berjudul The Law of Divine Compensation: On Work, Money, and Miracles, ia memberitahu pembaca bagaimana caranya menanggulangi stress dalam hal keuangan dengan doa dan memercayai keajaiban dari Tuhan.

Kata demi kata yang digunakan Williamson sangat inspiratif, namun perlu diketahui bahwa buku ini berisi doa-doa dan keajaiban dari Tuhan yang pastinya bukan topik yang disukai oleh semua orang, terutama para non-believer. Jika Anda tidak tahan dengan topik-topik tersebut atau jika Anda bukan seseorang yang percaya akan Tuhan, maka sangat disarankan untuk tidak membaca buku ini.

Buku ini memiliki cover berwarna biru yang menarik perhatian dengan tulisan timbul berwarna emas. Hardback covernya berwarna navy dengan aksen emas. Secara keseluruhan, desain buku ini terlihat sangat elegan dan memberi kesan bahwa siapapun yang mendesain benar-benar memperhatikan detailnya. Tipografinya pun memberi kesan elegan. Ketiadaan foto-foto atau aksen-aksen tidak penting lainnya dari cover buku ini membuatnya kelihatan semakin elegan dan berkelas, warna birunya pun memberikan aura menenangkan.

Jika dibandingkan dengan tulisan-tulisan Williamson sebelumnya, buku ini memang tidak ada bedanya. Williamson masih menekankan bahwa uang banyak dan pekerjaan bagus adalah suatu ‘hadiah’ jika Anda berbuat baik, berusaha, dan berdoa, sementara yang paling penting adalah kita terus melangkah maju (bebas, mampu menerima diri sendiri, dan membawa kedamaian pada lingkungan sekitar) atau belajar untuk melepaskan (ketidakjujuran, dalih-dalih negatif, dan sikap menyalahkan diri sendiri).

sembayang Dalam buku ini Williamson juga menyediakan banyak doa-doa yang simpel dan mudah dilakukan di manapun, dalam kondisi apapun. Pesan yang dapat diambil dari buku ini adalah kita harus bertanya pada diri sendiri bagaimana caranya kita mengabdi pada kemanusiaan dalam pekerjaan kita, jika kita melakukannya maka hal-hal seperti material dan spiritual akan datang dengan sendirinya kepada kita karena telah melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Williamson menekankan kita untuk merubah kebiasaan negatif dan memberitahu kita kelebihan dari berpikir positif. Menurut Williamson ada empat peraturan untuk mencapai sukses dalam pekerjaan yaitu: Pertama, selalu berpikir positif. Kedua, mencintai orang lain. Ketiga, tidak lupa untuk bersenang-senang. Dan terakhir, bersemangat dalam melakukan berbagai macam hal.

Buku ini sangat disarankan untuk Anda yang sedang merasa down karena isinya dapat membuat Anda kembali bersemangat. Jika Anda mengikuti sarannya, berpikir positif, dan mengubah kebiasaan negatif maka Anda sudah berada dalam jalan yang benar menuju kesuksesan di masa depan.

Salah satu quotes yang ada dalam buku ini adalah: “Finance is just one of many areas where an increasingly obsolete, materially based worldview is proving to be inadequate to the challenges of the times in which we live.” Atau yang bila diartikan kira-kira berbunyi, “Keuangan merupakan satu dari banyak hal yang semakin using (ketinggalan zaman), terbukti bahwa melihat dunia dengan material semata sudah tidak sesuai dengan tantangan zaman.”

Dalam buku ini ada bab bernama “Positivity” di mana kita harus membuat daftar orang-orang yang pernah bekerja dengan kita, memaafkan mereka atas semua kesalahan yang pernah mereka buat kepada kita, berterima kasih pada apa yang telah mereka berikan, dan mendoakan kesuksesan mereka. Kemudian Anda akan diberi kesempatan untuk membayangkan keadaan kantor yang menurutmu paling ideal dan Anda akan diminta berdoa kepada Tuhan, meminta keajaiban. Mungkin Anda sudah puas dengan pekerjaan atau keadaan kantormu saat ini, tapi cara tersebut dapat mengangkat beban yang bisa saja tidak pernah Anda sadari, jadi sangat disarankan untuk mengikuti kalimat demi kalimat yang dituliskan Williamson dalam buku ini.

Kekurangan dari buku ini adalah (sejauh yang penulis tahu) belum tersedianya versi bahasa Indonesia, jadi bagi Anda yang ingin coba membacanya namun tidak terlalu fasih dengan bahasa Inggris akan mengalami sedikit kesulitan. Namun sebaliknya, jika Anda fasih berbahasa Inggris maka Anda akan menikmatinya. Serta kekurangan lain adaalh tidak mengajarkan cara mudah dapat uang. Sehinggi kita hanyalah di suruh untuk berdoa saja.

Selain itu, bagi Anda yang tidak begitu religius mungkin akan merasa buku ini sedikit flat. Kritik lain datang dari genrenya yang terlalu umum, tidak ada plot yang membuat pembaca penasaran dan ingin membaca halaman-halaman selanjutnya. Secara keseluruhan isi buku ini adalah ide-ide Williamson mengenai cara sukses dalam pekerjaan dan bagaimana cara mendapatkan banyak uang dengan bantuan doa yang kemudian membuat Tuhan menurunkan keajaibannya.